Cari Blog Ini

Sabtu, 16 April 2011

Manajemen Strategik Bagian 1

Pengertian Strategi
Adalah Rencana untuk masa yang akan datang dengan bersekala besar untuk berinteraksi dengan kondisi dan situasi dengan tujuan tertentu.

Pengertian Manajemen Strategi
1 set tindakan dan keputusan yang menghasilkan sebuah formulasi dan implementasi rencana yang dirancang untuk merauh satu tujuan perusahaan atau organisasi.

Dimensi Keputusan Strategik
  1. Masalah keputusan strategik memerlukan kinerja manajemen puncak atau top manajemen
  2. masalah keputusan strategik selalu berkaitan dengan Sumber Daya perusahaan dalam jumlah yang cukup besar
  3. Masalah strategis sangat mempengaruhi kesejahtraaan jangka panjang perusahaan
  4. masalah strategis selalu berorientasi kemasa depan
  5. Masalah strategis memiliki konsekwensi multi fungsi dan multibisnis
  6. Masalah strategis memerlukan pertimbangan atas lingkungan eksternal perusahaan
 3 Tingakatan Strategik
  1. Tingkat Korporasi adalah keputusan yang dibuat berdasarkan pada orientasi nilai, value, lebih konseptual dan tersentralisasi.
  2. Tingkat Bisnis adalah lebih banyak dilakukan pada level middle manajemen, cirinya jangka waktu relatif pendek, keputusan-keputusan di buat untuk menjebatani keputusan tingkat korporasi dan fungsional, beresiko rendah
  3. Tingkat Fungsional adalah melibatkan masalah-masalah operasional yang berorientasi  pada aktivitas resiko rendah, biaya yang dibutuhkan rendah keputusan dibuat tergantung kepada ketersediaan SDM (Sumber Daya Manusi) dan Sumber Daya Perusahaan

Postingan selanjutnya akan membahas lebih jauh mengenai 3 Tingkatan Strategik

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar